Tuesday, September 24, 2013

Lowongan Penulis Artikel tentang Pendidikan Freelance


Lowongan Penulis Artikel tentang Pendidikan Freelance

MJEDUCATION adalah situs multi-penulis dan kami selalu mencari individu kreatif yang lebih baik untuk bergabung dengan tim editorial kami.
Jika Anda tertarik untuk menulis bagi kami, kami ingin mendengar dari Anda!
Bagi Anda yang baru mengenal dan ingin berkontribusi pada MJEDUCATION, berikut adalah beberapa informasi yang perlu Anda pahami dengan seksama sebelum Anda mengirimkan artikel.
Situs kami berisi artikel-artikel yang memiliki unsur pendidikan dan mendidik yang mencakup:
  • Info Beasiswa dari Dalam dan Luar Negeri
  • Info Pendidikan dari Dalam dan Luar Negeri
  • Profil Sekolah (dari tingkat SD hingga perguruan tinggi/universitas baik negeri maupun swasta di Indonesia)
  • Berita Pendidikan Nasional/Pengetahuan Umum
  • Liputan Event (yang berhubungan dengan dunia pendidikan, seni & budaya)
  • Tutorial/Tips Teknologi Informasi (Photoshop, Dreamweaver, InDesign, WordPress, HTML, CSS dsb)
  • Cerpen/puisi remaja
Untuk cakupan topik yang kami bahas, silahkan mempelajari ragam topik/kategori seperti yang tertulis pada menu navigasi situs ini. Jika Anda memiliki sesuatu di luar topik yang ingin Anda gali lebih jauh, beritahu kami melalui kotak pesan dibawah ini (pada saat Anda mengirimkan artikel) untuk bisa kami pertimbangkan. FYI, program penerimaan artikel atau lowongan penulis lepas/freelance MJEDUCATION berlangsung terus sepanjang tahun.

Manfaat yang akan Anda terima saat kami mempublikasikan artikel Anda:
  • Anda akan memiliki kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan keahlian dengan pengunjung MJEDUCATION ketika Anda mengirimkan sebuah artikel. Hal tersebut akan membantu membangun pengakuan atas reputasi Anda dan sekaligus “branding“. Artikel yang dipublikasikan juga membantu nama Anda “tampil” di dunia maya melalui majalah online kami.
  • Semua artikel yang diterima untuk diterbitkan bisa meliputi biodata singkat penulis (bio + foto) termasuk link ke situs Anda atau portofolio pribadi.
  • Backlink antara situs Anda dan MJEDUCATION juga akan membuat situs Anda memperoleh traffic pengunjung dari situs kami dan pada akhirnya akan memberikan situs Anda ranking yang lebih baik di mesin pencari.
Manfaat bagi kami sebagai publisher dalam menerbitkan artikel Anda:
  • Bila Anda mengirimkan artikel dan kami menerbitkannya akan memberikan pembaca kami sumber tambahan informasi yang berharga dan menarik, serta meningkatkan pengalaman pembaca dari semua informasi tersebut.
  • Dengan mendorong penulis untuk mengirimkan artikel akan memberikan kepada kami dengan banyak konten berkualitas tinggi dari berbagai disiplin ilmu dan pengalaman nyata.
Kami memberikan kompensasi yang pantas bagi Anda. Bagi penulis pemula, fee yang kami berikan adalah Rp 30.000,- per artikel untuk semua kategori. Tarif yang lebih tinggi bisa akan diberikan untuk liputan event, interview dan profil sekolah. Kirimkan contoh artikel dengan resume dan portofolio Anda untuk kami pertimbangkan.
Kami di MJEDUCATION menghargai keseriusan para penulis pemula. Bagi penulis yang kemudian terbukti mampu memberikan kontribusinya secara konsisten dan oleh tim redaksi dinilai memenuhi syarat, akan diberikan extra allowance dan fee dalam bentuk fixed rate untuk setiap artikel yang dihasilkan (tidak lagi dihitung berdasarkan jumlah kata).

Syarat dan Panduan

Syarat untuk mengirimkan artikel Anda:
  • Artikel harus merujuk pada salah satu topik/kategori seperti yang terdapat pada menu navigasi situs MJEDUCATION.
  • Artikel harus minimal 350 kata (news) dan maksimal 1.200 kata (artikel non-news).
  • Artikel tidak secara langsung mempromosikan situs atau produk Anda. Namun Anda diijinkan untuk mencantumkan link situs milik Anda (situs non-komersial) pada profil penulis.
  • Artikel tidak boleh mengandung unsur SARA. MJEDUCATION adalah situs yang mencintai dan menghargai keberagaman.
  • Artikel harus menjunjung tinggi semangat multikulturalisme dan mengandung unsur pendidikan yang bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat Indonesia.
Kami juga memiliki panduan sederhana yang harus Anda ikuti setiap saat:
  • Orisinalitas. Artikel harus asli, baru dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya di mana saja di dunia maya. Kami menggunakan internet premium search engine untuk memeriksa keaslian artikel Anda. Artikel yang memiliki kesamaan isi lebih dari 5% dengan artikel lain yang ada di internet tidak akan diterima.
  • Jujur. Pastikan Anda meminta izin sebelum menggunakan ilustrasi gambar yang bukan milik Anda atau Anda dapat juga memberikan atribut link kepada pemilik asli.
  • Jadilah inspirator. Terutama untuk artikel non-news yang memiliki maksimal 1.200 kata harus merupakan karya berkualitas tinggi yang erat hubungannya dengan judul atau topik.
  • Fokus dan jelas. Artikel harus ditulis dengan nada yang ramah, tidak bias dan netral. Jika artikel tersebut merupakan tutorial, instruksi dan panduan harus mudah diikuti oleh pembaca.
  • Artikel yang “internet friendly“. Anda harus memahami bahwa menulis artikel di internet adalah sangat berbeda dengan menulis di media cetak atau surat kabar. Artikel Anda bisa langsung di ukur ‘keberhasilan’nya dari jumlah visitor yang membaca artikel Anda.
Artikel karya penulis kami yang bisa Anda jadikan pembanding:
PENTING! Kami berhak untuk mengedit setiap artikel yang diserahkan sebelum diterbitkan dalam hal panjang artikel, kandungan isi atau tata bahasa.
Kami juga berhak untuk mengedit artikel tersebut untuk menghindari “duplicate content” yang bisa menimbulkan penalti dari mesin pencari (jika artikel tersebut juga muncul di situs selain MJEDUCATION).
Hal ini juga berlaku untuk judul artikel dan referensi. Kami tidak akan membuat perubahan yang akan mengubah tema atau makna artikel.
Jika Anda tidak ingin memungkinkan kami untuk membuat perubahan yang diperlukan, hal tersebut tentu dapat dimengerti namun dengan sangat menyesal kami tidak akan dapat mempublikasikan artikel Anda.

Cara Pengiriman Artikel

Sebelum mengirimkan artikel Anda, pastikan artikel tersebut telah sesuai dengan pedoman di atas.
Cukup mengirimkan satu artikel saja sebagai introduction. Kami akan meminta Anda untuk mengirimkan artikel tambahan apabila kami tertarik.
Harap ditulis sumber referensi artikel dan gambar ilustrasi.

Cara paling mudah, praktis, cepat dan juga paling kami sukai adalah dengan mengirimkan artikel Anda menggunakan formulir online kami yang ada dibawah artikel ini. Anda bisa langsung menuliskan teks artikel di area yang tersedia berikut melampirkan ilustrasi foto dan curriculum vitae Anda. Pesan Anda akan langsung terkirim kepada kami.

Kami akan segera mempelajari artikel Anda. Jika diterima untuk diterbitkan pada situs kami, Anda akan diberitahu dalam waktu kurang lebih 14 hari sejak Anda mengirimkan artikel kepada kami.
Apabila Anda tidak memperoleh kabar dari kami dalam kurun waktu tersebut, mohon maaf, berarti artikel Anda belum memenuhi standar, kriteria dan kebutuhan pembaca kami.

Terima kasih untuk kesediaan Anda mengirimkan artikel berkualitas yang akan membantu kami memberikan bacaan bermanfaat dan mencerahkan bagi pembaca kami!

Salam,
Redaksi MJEDUCATION

No comments:

Post a Comment